[Investasi] What is a value investor ?

Dear Blogger,

Setelah sekian lama vacuum nge-blog, sekarang saya akan mulai sharing knowledge seputar investasi di sini. Bulan Maret yg lalu saya join seminar value investing dengan pembicara Teguh Hidayat (praktisi saham/value investor).

Materinya menarik, yang akan saya sharingkan di email ini (file power point & kalkulator value investing in excel).
Pertanyaan-nya adalah :
1. Apa itu value investing?
2. Mengapa saya tertarik dengan value investing?
Berdasarkan pengalaman berinvestasi dari periode 2007-2013, baik itu di emas, tanah, reksadana saham; saya berpendapat bahwa semua jenis kendaraan investasi harus disesuaikan dengan :
1. Tujuan Investasi
2. Jangka waktu investasi
3. Profil resiko investor
Mulai akhir 2013, saya belajar investasi di pasar modal langsung (saham). Dan setelah menentukan ketiga point diatas (Tujuan, jangka waktu, profil resiko) aku makin mantap untuk berinvestasi di pasar modal dengan kendaraan investasi SAHAM.
Apa itu value investing ? Value investing adalah metode investasi saham dengan tujuan pelipatgandaan asset, dengan cara membeli perusahaan yang secara fundamental sehat , bertumbuh terus dari tahun ke tahun, management yang jujur & dapat dipercaya, pada harga yang lebih rendah dari nilai wajarnya (under-value).
Syarat utama seorang value investor :
1. Harus mampu membaca laporan keuangan sebuah perusahaan & menentukan perusahaan ini sehat/tidak
2. Mampu menentukan management perusahaan ini dipimpin oleh orang2 yg jujur &dapat dipercaya atau tidak
3. Menentukan berapa nilai wajar perusahaan ini, apakah harga saham perusahaan ini under-value, wajar, atau over-value?
4. Mampu menggunakan analisa teknikal sederhana untuk menentukan kapan aku harus membeli/menjual saham tsb.
Mengapa saya memilih menjadi seorang value investor dan bukan trader? Well, jawabannya kembali ke 3 point utama sebelum menentukan kendaraan investasi (Tujuan investasi, jangka waktu investasi, dan profil resiko). Karena ketiga point yg sudah saya tentukan lebih cocok dicapai jika menjadi seorang value investor, dan bukan trader, maka saya memutuskan memulai sebagai seorang value investor.
Sebagai bonus, saya sertakan contoh pilihan saham dan perhitungan apakah saham tsb under-value, wajar, atau over-value? Data diambil dari Laporan Keuangan perusahaan kuartal I (Q1) 2014 :
Value stocks

Value stocks

Berikut adalah buku2 yang recommended dibaca jikan ingin mulai berinvestasi di pasar modal (saham) :
1. Warren E. Buffet : The intelligent investor
2. Benjamin Graham : Security Analisis
3. Warren E. Buffet : Kumpulan Annual Letter 1957-1964
4. Smart Trader rich investors : The Baby Steps (Author : Ellen May) Penerbit : Gramedia; Link internet : https://gramediaonline.com/moreinfo.cfm?Product_ID=874893
5. Desmond Wira : Analisis Fundamental Saham
Berikut link website yang berguna :
1. Website Ellen May : http://www.ellen-may.com/v2/
2. Website Teguh Hidayat : http://www.teguhhidayat.com/
4. Website Yossy Girsang : http://www.yossygirsang.com/
5. Website Desmond Wira : http://juruscuan.com/
7. Blog Ngaturduit : http://blog.ngaturduit.com/
9. Website OJK (Otoritas Jasa Keuangan) : http://sikapiuangmu.ojk.go.id/id/
and still many more….just googling it guys!
Well, saya juga masih belajar, jadi jangan sungkan2 untuk sharing info & diskusi.
Best regards,
Anton

Leave a Reply

