[SHARING] Master Thesis Defense

München, 11.07.2012

21:21 p.m

Hari ini saya ingin berbagi satu pengalaman baru, master thesis defense, atau biasa disebut “pendadaran/sidang” dalam bahasa Indonesia. Agak di luar “pakem” atau “pikiran” yang saya bawa dalam benak tentang thesis defense, namun puji Tuhan saya dapat melaluinya dengan baik.

Apa yang berbeda dari thesis defense/pendadaran saya kali ini?

Tanpa bermaksud membanding-bandingkan dengan sistem defense/pendadaran S1 saya di Indonesia, saya akan coba sharingkan satu-per-satu menurut pendapat saya.

Pertama, thesis defense ini dilaksanakan sebelum tulisan final master thesis saya dikumpulkan/disubmit. Sebagai gambaran, sebuah project thesis (dalam kasus saya sebagai master geophysics student di LMU Munich) berdurasi 22 minggu (tidak sampai 6 bulan!) dan defense/pendadaran saya dilaksanakan pada minggu ke-19 (3 minggu sebelum final thesis saya submit!). Luar biasa bukan?!

Awalnya saya agak shock, “Loh, koq defense diletakkan didepan sih? Bukannya di belakang, setelah final thesis saya submit!” Namun, saya sekarang mulai mengerti, karena saya mencoba mengubah pola pikir saya tentang thesis defense. Pikiran positif saya mengatakan demikian : “Baiklah, berarti saya harus selesaikan master thesis project saya pada minggu ke-18, dan kemudian seminggu saya gunakan untuk persiapan defense, dan 3 minggu untuk finalisasi dokumen final thesis yang akan saya submit pada minggu ke-22”.

Demikianlah, dengan mengubah pola pikir, saya mampu menyesuaikan dengan jadwal yang telah dibuat oleh Geofisika LMU Munich. Awalnya, sampai dengan minggu ke-17, bagian terpenting dari master thesis project saya belum juga selesai. Saya berjuang dengan sungguh-sungguh, kerja keras, lembur tiap hari di kantor sampai jauh malam, dan puji Tuhan, di awal minggu ke-18 saya selesaikan bagian terpenting dari master thesis project saya, yang dapat saya gunakan sebagai bahan presentasi saat defense nanti.

Kedua, semua dokumen untuk presentasi sudah harus diserahkan pada panitia ujian (koordinator program master geofisika lmu munich) paling lambat 1 hari sebelum defense, pukul 18 sore waktu munich, dan tidak dapat direvisi lagi (artinya file powerpoint / pdf yang nantinya akan digunakan saat presentasi, sudah final!). Saya agak kurang paham, mengapa pihak koordinator master geofisika lmu menerapkan aturan main seperti itu. Penjelasan dari mereka demikian, untuk menghindari proses yang memakan waktu lama saat pergantian presentasi peserta saat defense, maka file ppt/pdf sudah tersedia dalam folder dengan identitas nama keluarga masing-masing peserta defense dan tanggal defense-nya. Sebagai gambaran, hari ini ada 6 master student yang melaksanakan defense!

Ketiga, master thesis defense yang saya alami sekarang lebih merupakan presentasi hasil master thesis project dan belum tentu hasil final yang nantinya akan dipublish di dokumen tertulis master thesis. Pada awalnya, saya punya pemikiran, bahwa bobot master thesis defense di geofisika lmu munich adalah setara dengan tulisan thesis itu sendiri. Namun setelah saya cermati lagi, bobot master thesis defense di sini hanya 3 sks! (dari total keseluruhan 30 sks master thesis project) artinya final thesis dalam bentuk tulisan yang nantinya akan saya submit berbobot 27 sks! master thesis defense hampir bisa dibilang tidak terlalu mempengaruhi bobot nilai akhir master thesis project saya nanti. Namun demikian, pada kasus ini, saya kembali mencoba melihat dari sudut pandang yang lain, yaitu : saya anggap bobot master thesis defense ini setara dengan tulisan final thesis yang nantinya akan saya submit. Dengan demikian, saya menjadi termotivasi untuk selesaikan bagian terpenting dari master thesis saya, paling lambat 1 minggu sebelum defense.

Keempat, format thesis defense adalah public defense (terbuka untuk umum), durasi presentasi dibatasi selama maksimal 30 menit, diikuti 15 menit sesi tanya-jawab. Selama defense berlangsung, saya perhatikan keempat kepala Profesor di Geofisika LMU selalu hadir (dari bidang Geodinamik, Seismologi, dan Paleo/Geomagnetik). Pertanyaan dalam sesi tanya-jawab boleh diajukan oleh siapa saja (termasuk phd/master-student yang lain).

Kesan saya selama 2 tahun berada di atmosfer akademik LMU Munich : “Kualitas jauh lebih penting daripada formalitas!” Selama defense, yang paling penting adalah kualitas / isi presentasi dan hasil yang disajikan oleh peserta defense. Tidak ada konsumsi sama sekali (baik untuk dosen maupun peserta defense). Pakaian bebas, namun sopan (ada peserta yang memakai kaos). Saya sendiri hanya memakai batik lengan-pendek, celana jeans, dan sepatu kets. Sama sekali jauh dari kesan formal. Peserta defense tidak dipungut biaya apapun untuk defense (karena memang tidak keluar biaya apa-apa). Hal ini cukup menarik bagi saya, dan menjadi pembelajaran tersendiri selama hampir 2 tahun saya di Jerman.

Kelima, pengalaman selama mengikuti jalannya thesis defense saya (dan ke-5 teman yang lain) menunjukkan bahwa tidak semua peserta defense sudah menyelesaikan bagian hasil / bagian terpenting dari master thesis project-nya. Sebagian sudah 80-90 % selesai, sebagian ada yg masih 60-70%, malah ada yang menurut saya baru 50% dan kurang paham apa sebenarnya yang dia kerjakan dalam master thesis project ini.

Hal ini menjadi pembelajaran bagi saya, bahwa segala sesuatu, apapun itu (dalam kasus saya menyusun sebuah proyek ilmiah, master thesis project) jika direncanakan dengan baik, dijalani dengan semangat, determinasi, dan konsistensi, pastilah akhirnya akan berbuah manis, tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga lingkup akademik/bahkan masyarakat.

Demikian sharing dari saya, yang hanya punya waktu 3 minggu lagi, sebelum saya mengumpulkan final thesis saya. Untuk sementara saya vacuum dulu dari hingar-bingar dunia social network dan internet, sampai studi saya selesai.

Salam musim panas dari München,

Antonius “Brutus” Santoso

2 responses to “[SHARING] Master Thesis Defense

  1. Jadi bagaimana hasilnya Masbro ? Sukses? Lanjut S3 nih😀

Leave a Reply

